4 Sistem Pembayaran Online di Indonesia Tanpa Uang Cash


Sistem pembayaran online di indonesia berbeda dengan pembayaran di luar negeri. Metode pembayaran ini banyak digunakan oleh toko online yang menjual barang, jasa, aplikasi dan game online. Jika Anda berniat mendirikan toko online sebaknya Anda memudahkan dalam sistem pembayaran. Memudahkan dalam sistem pembayaran akan membuat toko online Anda semakin ramai pembeli. Selama ini banyak pembeli yang menjadi malas berbelanja akibat metode pembayaran yang rumit. Berikut ini ada beberapa sistem pembayaran online di Indonesia yang perlu untuk Anda ketahui :

Kartu Kredit



Kemudahan pembayaran yang ditawarkan kepada kartu kredit membuat pembayaran menggunakan kartu kredit semakin digemari. Tidak mengherankan jika kini pembayaran transaksi online banyak dilakukan menggunakan kartu kredit. Metode pembayaran menggunakan kartu kredit ini termasuk dalam salah satu metode pembayaran yang paling mudah untuk dilakukan. Selain memakan proses yang singkat, pemilik kartu kredit bisa bertransaksi di toko online yang di dukung oleh kartu kredit tersebut. Pemilik hanya tinggal memasukkan data dari kartu kredit yang dimilikinya, kemudian pembayaran bisa dengan mudah di proses.

Transfer Bank

Dahulu metode pembayaran ini dianggap modern oleh sebagian orang, namun karena teknologi semakin berkembang, transfer bank ini dianggap sebagai metode pembayaran yang kuno. Meski begitu, banyak toko online di Indonesia yang banyak menggunakan metode ini. Bahkan di beberapa toko online besar di Indonesia seperti Bukalapak, Tokopedia dan masih banyak lagi lainnya yang masih menggunakan sistem pembayaran ini. Bedanya dengan toko online individual, toko online tersebut menjadi pihak pertama yang menerima dana dari pembeli. Barulah setelah dirasa tidak ada masalah dengan barang yang diterima oleh pembeli atau pembeli sudah menerima barang yang dibelinya, dana yang sudah ditransfer oleh pembeli akan dilepaskan kepada penjual.

PayPal


Ketika mendengar kata PayPal, pikiran Anda langsung mengarah ke pembayaran luar negeri. Padahal PayPal sudah resmi masuk di Indonesia. Beberapa startup penyedia sistem pembayaran online pun banyak yang me suport dengan sistem pembayaran ini. Startup DOKU yang diakui sebagai startup pionir pembayaran online di Indonesia sejak tahun 2007 ini me suport pembayaran melalui PayPal. Nantinya toko online yang menggunakan startup ini akan disupport dengan pembayaran melalui PayPal dan beberapa sistem pembayaran lainnya seperti menggunakan MasterCard, BNI Debit online, E-Pay BRI dan masih banyak lagi lainnya.

Potong Pulsa

Tentu Anda asing dan heran dengan sistem pembayaran online di Indonesia yang satu ini. Memang meskipun pembayaran online dengan sistem potong pulsa ini belum populer, namun sistem pembayaran dengan sistem ini sudah ada di Indonesia. Sistem pembayaran ini berlaku untuk toko online atau platform yang menyediakan berbagai macam aplikasi dan juga games berbayar. Sehingga nantinya pengguna yang berniat membeli aplikasi atau game tersebut pulsanya akan terpotong secara otomatis. Untuk bisa menerapkan sistem pembayaran ini, toko online harus bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi. Salah satu startup yang menyediakan pembayaran dengan sistem potong pulsa adalah MimoPay




Selain metode di atas, sebenarnya masih ada sistem pembayaran yang diterapkan oleh toko online meskipun tidak dilakukan secara online. Sistem pembayaran itu adalah COD atau Cash On Delivery. Toko online di Indonesia seperti Lazada sudah menerapkan pembayaran dengan sistem COD untuk barang-barang tertentu. Namun tidak semua barang bisa dibayar dengan cara COD. Jika Anda ingin mendirikan toko online dengan market di Indonesia. Anda bisa menerapkan metode atau sistem pembayaran online di Indonesia yang telah disebutkan di atas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 4 Sistem Pembayaran Online di Indonesia Tanpa Uang Cash